4 Faktor Penyebab Timbulnya Keriput Di Usia Muda

Seorang wanita muda akan merasa panik jika menemukan kerutan-kerutan yang mulai timbul di wajahnya. Anggapan umum, timbulnya kerutan di wajah wanita muda akan menjadikan ia tampak lebih tua. Kondisi inilah yang disebut dengan penuaan dini.

Penuaan dini adalah suatu proses yang terjadi pada seseorang dimana ia mengalami penuaan sebelum waktunya. Hal yang paling mudah untuk mengecek penuaan dini bisa dilihat dari keadaan kulit seseorang.

Kulit yang mengalami gejala penuaan dini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor dari luar tubuh. Ciri-ciri yang terlihat kulit akan muncul bintik-bintik dengan noda kehitaman, muncul kerutan dan wajah akan terlihat kusam.
4 Faktor Penyebab Timbulnya Keriput Di Usia Muda
keriput di usia muda
Untuk lebih memperjelas, berikut ini uraian singkat 4 faktor penyebab timbulnya keriput di usia muda.

1. Polusi 
Polusi udara dapat menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang bisa mengakibatkan rusaknya kolagen kulit. Hal inilah yang dapat menimbulkan kerutan-kerutan di wajah lebih dini.

2. Makanan
Penyebab penuaan dini yang lain adalah karena kondisi kulit mulai lemah. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi tidak mempunyai asupan nutrisi yang seimbang, rendah anti oksidan, rendah vitamin dan rendah serat. 

Dalam kesehariannya kulit juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk selalu memperbaharui sel dan sebagai pelindung dari bahaya sinar matahari serta radikal bebas. Jika nutrisi tidak tercukupi maka kulit juga tidak dapat menjaga kekenyalannya.

3. Sinar Matahari
Pancaran sinar matahari berlebih menjadi penyebab penuaan dini pada kulit. Terkena sinar ultraviolet secara langsung dapat merusak serat elastis dan serat kolagen pada kulit. Paparan sinar UV juga dapat menjadi sebab timbulnya bercak-bercak pigmentasi pada kulit.

4. Rokok
Secara umum rokok dapat menurunkan fungsi vitamin A sebagai antioksidan. Tembakau yang terdapat dalam rokok dapat mempercepat kerusakan kolagen pada kulit sehingga elastisitas menjadi berkurang dan kulit menjadi lebih mudah berkerut. Selain itu, nikotin pada rokok juga bisa mejadikan sel-sel kulit kekurangan cairan sehingga kelembaban menjadi berkurang, kulit tampak kasar, kering dan kusam.

Setelah mengetahui 4 faktor penyebab timbulnya keriput di usia muda, maka langkah bijaksana yang bisa ditempuh adalah dengan tidak menyepelekan perawatan kulit supaya bisa terhindar dari penuaan dini dan munculnya kerutan-kerutan di wajah.

0 Response to "4 Faktor Penyebab Timbulnya Keriput Di Usia Muda"

Posting Komentar