Doa Yang Mustajab Di Waktu Sahur

Doa yang mustajab di waktu sahur - Salah satu sunnah di bulan ramadhan adalah sahur. Saat dilaksanakannya waktu sahur yang terbaik adalah di sepertiga malam terakhir. Di sini mengandung arti bahwa waktu sahur termasuk waktu yang baik dan mustajab untuk berdoa. Seperti yang tertuang dalam hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini.

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.”

Doa yang Mustajab di Waktu Sahur

Ketika membaca hadist di atas, akan muncul sebuah pertanyaan mengenai doa apa yang sebenarnya paling utama untuk dibaca? Coba kita lihat Firman Allah SWT di dalam QS. Ali Imran : 17

“(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)

Dengan demikian, maka bacaan paling utama sesuai dengan Firman Allah diatas di saat waktu sahur adalah bacaan istighfar. Dengan membaca bacaan istighfar berarti kita benar-benar memohon ampunan dari segala dosa kepada Allah SWT yang Maha Pengampun.

Dalam sebuah riwayat, salah seorang sahabat nabi yang bernama Ibnu Mas’ud r.a melakukan dzikir dengan memperbanyak istighfar di waktu sahur. Ibnu Mas’ud r.a berdoa:

“Ya Tuhanku, Engkau telah memerintahkan kepadaku, maka aku taati perintah-Mu. Dan inilah waktu sahur, maka berikanlah ampunanmu kepadaku.”

Begitu mustajabnya sebuah doa di waktu sahur. Maka, selain melakukkan aktifitas makan sahur, marilah kita bersama-sama memanfaatkan dengan sebaik-baiknya waktu sahur dengan memperbanyak istighfar dan doa kepada Allah SWT.

0 Response to "Doa Yang Mustajab Di Waktu Sahur"

Posting Komentar